Marhaban Yaa Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang mulia dan penuh berkah, oleh karena itu rosulullah telah mencontohkan kepada umatnya apabila hadir Bulan suci ramadhan beliau menyambut gembira. karena sesuai dengan informasi dari rosul dalam hadistnya yang berbunyi :

“Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka.”(HR. Ahmad)

Dengan Niat i’tiba/ mengikuti sunah rosul maka sewajarnyalah kita menyambut bulan suci ramadhan dengan penuh suka cita  tidak dengan menggerutu dan menganggap kehadirannya “mengganggu ketenangan” atau suasana nyaman kita.

Marhaban ya Ramadhan, kita ucapkan untuk bulan suci itu, karena kita mengharapkan agar jiwa raga kita diasah dan diasuh guna melanjutkan perjalanan menuju Allah Swt. Ada gunung yang tinggi yang harus ditelusuri guna menemui-Nya, itulah nafsu. Di gunung itu ada lereng yang curam, belukar yang lebat, bahkan banyak perampok yang mengancam, serta iblis yang merayu, agar perjalanan tidak melanjutkan. Bertambah tinggi gunung didaki, bertambah hebat ancaman dan rayuan, semakin curam dan ganas pula perjalanan. Tetapi, bila tekad tetap membaja,sebentar lagi akan tampak cahaya benderang, dan saat itu, akan tampak dengan jelas rambu-rambu jalan, tampak tempat-tempat indah untuk berteduh, serta telaga-telaga jernih untuk melepaskan dahaga. Dan bila perjalanan dilanjutkan akan ditemukan kendaraan Ar-Rahman untuk mengantar sang musafir bertemu dengan kekasihnya, Allah Swt. Demikian kurang lebih perjalanan itu dilukiskan dalam buku Madarij As-Salikin.

Marhaban yaa Ramadhan

Aandai jemari tangan tak sempat berjabat,

ragapun tak kuasa tuk bertatap,

bila ada kata membekas lara,

semoga pintu maaf masih terbuka

Tiada kata seindah dzikir,

tiada bulan seindah ramadhan.

Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga,

janji yang terabaikan,

dan sikap yang pebuh khilaf.

Marhaban ya Ramadhan Marhaban Syahrusiyami Minal Aidzin walfaidzin Maaf Lahir Batin. Kami Sekeluarga mengucapkan met menjalankan ibadah puasa mulai minggu hari ini.

Semoga Kita semua masih diberikan sisa umur untuk Bisa Hadir dibulan mulia dan bersama-sama menjalankan ibadah puasa dengan semaksimal kemampuan. amiiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

%d bloggers like this: